Pariwisata Indonesia Diprediksi akan Bangkit Paruh Kedua 2021 @ 01 May 2021
Optimisme akan kebangkitan dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif kini semakin menguat seiring program yang sedang dijalankan yakni vaksinasi covid-19 dan berbagai kebijakan yang di berlakukan pemerintah terkait dalam sektor pariwisata. Untuk dapat mencapai semua itu, bidang sektor pariwisata membutuh dukungan dan kerjasama dari segenap pemangku kepentingan terkait.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan, pada saat ini pihaknya berusaha menggenjot kunjungan pariwisata domestik antara lain melalui sebuah program Bangga Berwisata di Indonesia.

“Ada lebih dari 55 juta warga Negara Indonesia kelas menengah di Indonesia yang sangat potensial digarap agar bisa berwisata di dalam negeri,” ujar Sandiaga Uno dalam diskusi “Membangkitkan Optimisme Industri Pariwista Nusantara”.

Dia memaparkan, pandemi sudah menyebabkan lebih dari 1,7 juta pekerja pada sektor pariwisata terkena dampak pandemi mulai dari pengistirahatan hingga pemutusan hubungan kerja. Pasalnya, pandemi menyebabkan anjloknya kunjungan wisata. “Kunjungan wisatawan manca negara hingga 75 % dan wisatwan domestik(dalam Negeri) sampai 30 %,” ungkapnya.

Menurut Menparekraf Sandiaga Uno, pihaknya ingin sesegera mungkin memulihkan kembali industri pariwisata di Indonesia, namun sebelumnya harus bisa memastikan bahwa angka penularan covid-19 ini dalam situasi yang terkendali.

“Saat ini PPKM mikro yang dijalankan pemerintah telah cukup sukses menekan angka penularan covid-19 secara significan, dari 15 ribu perhari sampai diangka 5 ribu perhari. Ini menjadi suatu angin segar agar kita lebih disiplin dalam mematuhi PPKM mikro,” ujarnya.

Soal kapan Indrustri pariwisata bisa kembali bangkit, Sandi mengaku optimistis hal itu akan terjadi di kwartal kedua dan ketiga di tahun ini. “Jika ditanya waktu, saya ingin lebih optimistis. Jika kita terus berdisiplin dan angka covid-19 ini bisa terus ditekan, saya melihat kwartal kedua dan ketiga ini kita mulai meningkat dari segi event ekonomi kreatif dan pemulihan dari pariwisata dan kebangkitan ekonomi kita,” paparnya.

Pelaku usaha pariwisata, Irvan Muthalib berkeyaninan pariwisata Indonesia akan bangkit kembali, terutama setalah adanya program vaksinasi Covid-19 yang dilakukan pemerintah. Founder & CEO Halttravel ini juga mengajak seluruh insan pariwisata untuk tetap optimistis seraya berharap bantuan seluruh pihak untuk terus menggaungkan bahwa Indonesia punya objek wisata yang tidak kalah dari luar negeri.

sumber : https://www.jawapos.com/ekonomi/04/03/2021/sektor-pariwisata-indonesia-diprediksi-bangkit-paruh-kedua-2021/
News powered by CuteNews - http://cutephp.com